Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Bikin Innova Lebih Kencang, Sebesar Ini Alokasi Dananya - Suara.com

Suara.com - Tim Balap Komunitas Innova (ICRT) kembali beraksi di lintasan sirkuit Gelora Internasional Bung Tomo (GBT) dalam ajang Seri S...

Suara.com - Tim Balap Komunitas Innova (ICRT) kembali beraksi di lintasan sirkuit Gelora Internasional Bung Tomo (GBT) dalam ajang Seri Seret di Surabaya. Tim ini berhasil dilewati All New Innova tercepat di lintasan 201 m di ajang tarik resmi di Indonesia itu, dengan waktu 9,923 detik.

Meski tidak mudah, tuner Chiang selaku ICRT dari Garage Autowerk Bandung membeberkan ada beberapa kiat untuk membuat Toyota Innova jadi lebih kencang.

Toyota Innova Venturer di IIMS 2018. [Suara.com/Manuel Jeghesta]
Toyota Innova Venturer di IIMS 2018. Sebagai ilutrasi [Suara.com/Manuel Jeghesta]

"Karena Innova ini termasuk masih baru, masih sulit untuk mendapatkan kinerja part-nya, dan masih harus ada trial and error, sebagian mana yang cocok , "katakan Chiang.

Selain itu, tambahnya, biaya yang dikeluarkan juga murah, untuk membangun mobil seperti ICRT membutuhkan sekitar Rp60-75 juta dan menghabiskan waktu sekitar 6 bulan untuk melakukan pengaturan.

Modifikasi yang dilakukan hingga menjadi tunggangan drag race yang tercepat di Indonesia dalam ajang resmi, dimulai dari sektor mesin.

Di sektor mesin, turbo VNT standar diganti dengan turbo RHF4 untuk menghasilkan peningkatan lebih besar sekitar 2,2 bar dari sebelumnya 1,2 bar. Header khusus sama panjang buatan Garage Autowerks dipasang untuk mengakomodasi turbo yang sudah ditambahkan.

"Tidak ketinggalan filter udara diganti dengan produk aftermarket berbahan katun dari K&N dan filter kotak diganti dengan kotak kustom berbahan alumunium," papar Chiang.

Selanjutnya, dilakukan dengan intercooler dengan pipa kustom untuk mendinginkan udara bertekanan tinggi yang dihasilkan turbo. Terakhir di sektor mesin, memasang sistem bahan bakar khusus dari Garage Autowerks.

Setelah sektor mekanikal telah selesai, tidak lupa fine tune di bagian eletronikal atau ECU dengan cara remapping, dan memasang piggyback Monstermax dari ECU shop membuat mesin dapat bekerja lebih baik untuk dapat memperbaiki dengan terbukti yang telah dilakukan.

Lantas, untuk mengimbangi modifikasi di sektor mesin, mengaktifkan mobil lebih mudah dikontrol dan dikendarai, sesuai standar yang diganti merk Eibach, peredam kejut IMB 2 arah, velg ROTA grip ukuran 8.5 - 9.5 dengan ban bagian depan 235/50/18 dan bagian belakang 275/40/18 TOYO T1s.

"Tips dari ICRT, jika sudah melakukan modifikasi yang menaikkan tenaga, banyak yang lupa info meter untuk memahami kondisi mesin. Tujuannya, agar mesin tetap dapat melakukan antisipasi terhadap menggunakan mesin jebol," tandasnya.

Dari semua modifikasi tadi, tenaga yang dihasilkan dari pengujian menggunakan Dyno test, adalah sebesar 238,5 daya kuda, pada 4,000 rpm pada 4000 Rpm dan torsi mencapai 580 Nm.


Read More

Tidak ada komentar