Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Mengobrol cara baru "New Library"

Diskusi di ruang kepala Perpustakaan.  Perpust. news_Merespon kondisi New normal saat ini layanan perpustakaan IAIN Melakukan penyesua...

Diskusi di ruang kepala Perpustakaan. 

Perpust. news_Merespon kondisi New normal saat ini layanan perpustakaan IAIN Melakukan penyesuaian model layanan dan program kerja perpustakasn.

Usman selaku kepala perpustakaan bersama dengan pustakawan perpustakaan IAIN parepare melakukan pertemuan terbatas di ruang kepala perpustakaan pada (selasa, 8/9/2020) untuk membicarkan beberapa hal yang dianggap urgen untuk dilaksanakan di Unit perpustkaan.

Diskusi terbatas adalah langkah Kepala perpustakaan melakukan kordinasi dengan para pengelola perpustakaan (pustakawan).

“Pertemuan terbatas ini penting untuk dilakukan sebagai wadah untuk sharing (berbagi) informasi kemajuan kegiatan disetiap bagian di Unit Perpustkaan  dan untuk membicarakan kegiatan kegiatan yang tepat untuk dilakukan di masa gelombang Covid-19 yang belum reda dan moga kita tetap mencari cara cara yang lebih efektif dan efisien dalam melakukan layanan di masa New normal ini, ungkapnya.

Sesi tanggapan dan saran di awali oleh Sirajuddin salah satu  pustakawan madya IAIN Parepare, yang bertugas mengelola layanan referensi menyampaikan langkah yang sudah dilakukan.

“Selama pandemi ini bagian referensi sudah bekerja maksimal dengan menerapkan layanan yang berbasis online melalui google site, website sebagai media informasi dan juga mensosialisasikan repository elektronik dan layanan perpustakaan didgital yang dikelola pustakawan di beberapa perguruan tinggi se-Indonesia yang di dalamnya termasuk repository IAIN Parepare termasuk memaksimalkan penggunaan apllikasi iPusnas untuk kebutuhan baca pemustaka. Tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Musdalifah yang juga menjabat pustakawan ahli muda. 

“saya melihat beberapa perpustakaan selama pandemi ini tutup untuk kegiatan layanan langsung dengan menggunakan ruang perpustkaan untuk membaca, namun kami tetapa berusaha melakukan pengaturan pengaturan dengan tetap mengikuti protokol Covid-19 dan tetap membuka layanan karena  pemustaka kami adalah kalangan dosen dan mahasiswa, ungkapnya.

Menyoal masalah lain yang berhubungan dengan pengembangan karier pustakawan Dr. Usman yang juga aktif sebagai dosen tekhnologi pendidikan ini mendengar secara cermat penjelasan Hamid, MA. Mengenai regulasi pengusulan dupak pustakawan.

Hamid yang banyak aktif di sub bagian pengolahan bahan pustaka yang saat ini menjabat pustakawan Madya menyampaikan pentingnya pengaturan untuk pengleolaan dupak pustakawan. 

“Pengelolaan dupak ini memanga da benarnya untuk menyusun sebuah flow chart atau proses bisnis pada internal perpustakaan sebelum dikirim ke tim penilai di perpustakaan wilayah Provinsi sulsel, sebagai sebuah dukungan kepada profesi kepustakawanan yang ada di lembaga khususnya Perpustakaan IAIN Parepare, segala bentuk kegiatan yang tercantum di dalam dupak pustakawan dapat mendongkrak nilai akreditasi perpustakaan. Tandasnya.

Diakhir sesi Usman yang  yang selalu berkhiasi senyum khasnya dalam memberikan tanggapan pendapat kepada para staffnya mengapresiasi saran dan pendapat dan berjanji untuk tetap konsisten melaksanakan program yang sudah terencana. 
A  Kepala perpustakaan dalam sesi diskusi. 

Program kerja itu diantaranya adalah Workshop repository bagi dosen yg akan diselenggarakan dalam waktu dekat, serta penataan ruang Moderasi Beragama di lantai satu perpustakaan. 

Tidak ada komentar