Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Rapat Perpustakaan: Merespon Maklumat Rektor

Gedung UPT Perpustakaan IAIN Parepare  Pasca-terbitnya Maklumat Rektor IAIN Parepare Nomor.  B-637/In.39/PP.00.9/06/2020 Tentang Sist...

Gedung UPT Perpustakaan
IAIN Parepare 

Pasca-terbitnya Maklumat Rektor IAIN Parepare Nomor.  B-637/In.39/PP.00.9/06/2020 Tentang Sistem kerja Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare Dalam Tatanan Normal Baru,  menstimulus beberapa unit dan bagian untuk melaksanakan rapat internal sebagai tindak lanjut kegiatan.

Rapat dipimpin Kepala Perpustakaan


UPT. Perpustakaan yang dipimpin Oleh Dr. Usman, M.Ag. melaksanakan rapat Unit sebagai tindak lanjut dari  Maklumat Rektor Tentang Sistem Kerja ASN di Lingkungan IAIN Parepare.

Rapat internal yang dilaksanakan pada hari,  senin, 8 juni 2020 pukul 10. 00 WITA didasari Surat undangan rapat kordinasi Nomor B. 511/In. 39. 1. 1/KS. 02/6/2020 diikuti tidak kurang dari 10 orang yang terdiri dari penglola perpustakaaan dan pustakawan.

Usman menyampaikan kepada para peserta rapat untuk bisa memberi respon dari beberapa poin yang termaktub dalam Maklumat Rektor "Melalui rapat ini kita bisa melaksanakan tugas kita dengan sistem yang kita bangun dan kita jadwalkan berdasarkan Jadwal Mingguan Pelaksanaan Tugas Kedinasan  dengan Work From Office (WFO) dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan, Tandasnya.

Pemutaran Film Pendek Moderasi Beragama dari WA Rektor IAIN Parepare



Sebagai orang yang diamanahkan memimpin Unit Perpustakaan Usman juga mengkoordinasikan beberapa hal berhubungan dengan sistem pengaturan yang dilakukan di perpustakaan untuk menyambut tatanan new normal "kita telah mendesain ruangan dengan melengkapi fasilitas pendukung protokol sehat dan memberikan tanda silang di lantai,  di kursi di meja sebagai spasi jarak antar pngunjung perpustakaan, dan telah melengkapi fasilitas protokol Covid-19".  imbuhnya.

Usman juga menambahkan Penataan internal dan eksternal juga salah satu pembahasan penting yang diagendakan dalam rapat dengan memutar film pendek dari Rektor IAIN Parepare tentang perlunya space Corner Moderasi Beragama di Perpustakaan, rapat berlangsung memakan tidak kurang dari dua jam ini. Yaitu langkah peduli terhadap kebersihan dan penataan taman yang ada di lantai 3 perpustakaan dan pelataran perpustakaan dengan tetap mempertimbangkan dan mencari solusi terhadap konsekuensi biaya yang ditimbulkan.

Sebelum memberi kesempatan kepada peserta rapat Kepala Perpustakaan menutup dengan menyampaikan tentang penataan perpustakaan yang bernuansa edukasi seperti adanya coworking space,  Moderasi Beragama corner,  dan sarana-sarana yang mengusung Eduwisata dengan menata taman dengan tanaman ditaman dan menghadirkan nuansa budaya menarik lainnya., sehingga dapat mewujudkan visi IAIN Parepare yakni Akulturasi Budaya dan Islam.

Juga pemenuhan borang akreditasi untuk mengejar segala hal yang menjadi ketertinggalan kita sebagai perpustakaan yang terakreditasi , perhatian terhadap media digital seperti repository,  dan media digital lain sebagai platform penyebaran informasi digital perlu digiatkan, beliau sebagai dosen telah mencontohkan dalam proses pembelajaran telah mengintegrasikan Repository Perpustakaan sebagai sumber belajar digital dengan elearning yang dikelolanya, baik yang berbasis moodle maupun melalui edlink sevima. Harapannya semoga dosen lain dalam lingkup IAIN Parepare dapat juga lebih memaksimalkan penggunaan Repository perpustakaan sebagai sumber belajar bagi mahasiswanya, terutama di masa Pandemi Covid 19 yang mengharuskan akses sumber belajar utama dari media digital.

Pada sesi curah saran dan tanggapan Hamid, MA. (salah satu pustakawan senior) memberikan masukan tentang kegiatan efektif yang perlu dilaksanakan perpustakaan yaitu; web seminar yang mungkin bisa mendongkrak rating kegiatan perpustakaan,  tandasnya.

Sebagai pustakawan senior, Sirajuddin, S.Pd, S.Ip. M.Pd menambahkan bahwa penataan Internal di Lantai 1 perlu diapresiasi oleh semua unsur agar tampak nuansa Perpustakaan yang siap melayani kebutuhan Literasi Pemustaka.

Tanggapan positif dari kepala perpust dan peserta rapat ikut mengapresiasi yang ditutup oleh tanggapan tenaga IT Perpustakaan,   Subhan,  S. Kom. Yang ikut  Berbagi pengalaman dan menjelaskan kondisi layanan Repisitory perpustakasn yang bisa meningkatkan rating pengunjung dan juga langkah melakukan kegiatan Workshop yang berbasis IT.

Penulis: Sirajuddin
Editor: Afidatul Asmar







Tidak ada komentar