Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

New Normal: peluang inovasi program perpustakaan

Suasana rapat virtual Perpustakaan IAIN Parepare Perpustakaan pers. Kegiatan rapat internal Perpustakaan kembali digelar pada hari rab...

Suasana rapat virtual Perpustakaan IAIN Parepare


Perpustakaan pers. Kegiatan rapat internal Perpustakaan kembali digelar pada hari rabu (16/07/2020) sebagai bentuk respon terhadap surat permintaan usulan rencana kegiatan anggaran tahun 2020 Nomor : P.  883/In. 39/PP. 00. 9/7/2020 tentang penghematan anggaran dari pusat.

Pada rapat yang berlangsung di lantai ruang rapat perpustakaan ini yang dipimpin langsung oleh kepala perpustakaan dimulai pukul 10. 00 melibatkan seluruh pengelola perpustakaan yang terdiri dari staff tekhnis,  tenaga IT dan pustakawan.

penghematan anggaran yang diistilahkan dengan refokusing ini menjadi bahan diskusi pada rapat yang dilaksanakan secara virtual yaitu bagaimana mengefisiensikan waktu dan mengajukan penganggaran baru sebagai tindak lanjut dari surat usulan rencana kegiatan yang ditandatangani oleh rektor IAIN Parepare.

"Ada bebarapa yang bisa kita laksanakan di masa New normal ini yaitu mendorong kreasi dan inovasi yang mampu mendukung akreditasi Program Studi (Prodi), dan saat ini pemanfaatan layanan repository yang bisa diakses melalui repository,iainnpare.ac.id sudah berjalan dengan baik daan dosen di setiap fakultas bisa berkreasi melalui akses ke repository misalnya mendesain bahan ajar" adalah penyamapaian kepala perpustakaan mengawali rapat virtual kali ini.

Usman selaku kepala perpustakaan yang juga aktif sebagai dosen mata kuliah Tekhnologi Pendidikan ini, pada rapat yang berlangsung tidak kurang dari 2 jam juga menyinggung tentang program pengadaan aplikasi  perpustkaan digital.

"Pengadaan aplikasi perpustkaan digital akan direalisasikan pada tahun 2021 jadi kita harus siap menghadapi perubahan layanan yang sifatnya digitalisasi ini dengan cara yang inovatif" selainitu ada beberapa kegiatan meskipun dimasa new normal harus tetap dimaksimalkan". ungkapnya.

dalam sesi curah saran dan pendapat yg diawali oleh Subhan yang selama ini bertugas mengendalikan IT dan administrasi perpustakaan memberikan pencerahan penting tentang program kegiatan 2020.

"Desain yang akan kita laksanakan yaitu memaksimalkan layanan Online Public Acces Cataloging (Opac), layanan Slim Senayan dimaksimalkan dengan desain web yang melibatkan jasa web desainer, sehingga dengan sistem digital yang responsif kita bisa membangun komunikasi dengan dosen yang banyak terlibat dalam akses repository" tandasnya.

Pada kegiatan refokusing ini kegiatan akan banyak melibatkan program yang sifatnya efisien dalam hal anggaran, tempat dan waktu pelaksanaan, dan hal ini juga memunculkan tanggapan dan apresiasi dari pustakawan.

tanggapan datang dari salah seorang pustakawan ahli (red), bahwa "kita harus memberi respon cepat terhadap beberpa kegiatan termasuk kegiatan yang sudah yang sifatnya berlanjut dan kegiatan ini harus jelas urutannya sehingga kita mampu memaksimalkan setiap kegiatan" ungkap Musdalifah.

Diakhir sesi rapat virtual sirajuddin yg aktif mengelola layanan referensi dan website perpustakaan memberi apresiasi tentang rencana memprogramkan desain web dan langkah maksimal untuk pngelolaan repository perpustakaan dengan melibatkan dosen.

"Di masa kenormalan baru (New normal) dimana jarak fisik dibatasi langkah inovasi dengan desain senayan,  website http://lib.iainpare.ac.id dan http://repossitory.iainpare.ac.id perpustakaan merupakan bentuk transformasi yang perlu terus diupgrade saya mengapresiasi langkah kolaborasi yang dilakukan unit perpustakaan dengan pihak di luar perpustakaan". tandasnya


Diakhir sesi rapat daring yang cukup alot dengan beberapa program yang tersususun sesuai skala prioritas kepala perpustakaan mengajak untuk berfoto dengan simbol literasi yang menjadi spirit perpustakaan.






Tidak ada komentar