Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Gejolak literasi di tengah pandemi

Opini: Pandemi Covid-19 seakan merombak sendi kehidupan dalam nuansa yang berbeda,  literasi covid-19 begitu menggema di media sosial...



Opini: Pandemi Covid-19 seakan merombak sendi kehidupan dalam nuansa yang berbeda,  literasi covid-19 begitu menggema di media sosial. Insan literat terpanggil untuk menorehkan makna eksistensi mereka dengan ikut beropini,  mendiskusikan, menginformasikan ke media sosial. 

Corona virus disease 2019 yang dikenal dengan Covid-19 mengisi setiap sendi kehidupan, mengguncang dunia sains kedokteran,  dunia penelitian, memporak porandakan perekonomian dunia bahkan nilai rupiah seakan terkena virus corona. dunia literasi menghangat, merilis Jakarta Ayobandung. com Buku novel thriller "The Eyes of Darkness" karya Dean Koontz tahun 1981 mendadak menjadi bacaan istimewa yang laris di pasaran dan menjadi bestseller.

Berdasarkan penelusuran kantor berita Reuters diketahui bahwa memang benar Koontz menulis soal virus bernama Wuhan 400 dalam novelnya dan mengacu pada kota Wuhan, tempat muasal virus corona Covid-19 meskipun dengan latar dan gejala yang berbeda dgn yang tetjadi di wuhan saat ini.





Orang sehebat perdana menteri inggris Borris johnson berani menantang perang Covid-19 dengan teori  Herd immunity atau kelompok kebal dengan langkah mengamankan kelompok lansia dan anak anak kemudian melewati fase infeksi virus ini sehingga di inggris saat ini aktifitas berjalan seperti biasa, namun strategi get it alone yang memuat konsep Herd Immunity ini mendapat kecaman dari pemimpin oposisi dan dan pejabat di luar negeri (Kompas .com), 

Covid-19 juga menggiring orang nomor satu di Amerika, Donald Trump berdebat tentang jenis pemusnah yang belum pasti uji klinis tentang obat klorokuin yang diklaim mampu menyembuhkan penyakit Covid-19,  walaupun itu harus berhadapan dengan komisaris Food and Drugs Administration (FDA) Dr.  Stephen Hahn yang tidak memberi ijin penggunaan klorokuin

Lihat saja pada hal sederhana urusan narasi "Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO yang dipimpin Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus resmi mengganti istilah "social distancing" atau jarak sosial dalam penanganan virus corona atau Covid-19. Sebagai gantinya WHO menerapkan istilah "physical distancing" atau jarak psikis." membuat nama saja untuk media tanding Covid-19 butuh kematangan??, Apakah Covid-19 yang punya kemampuan menempel dan hanya berukuran 400-500 micro akan kerasan di muka bumi ini hanya untuk urusan membasmi ummat manusia?

Pasca membantai italia dan korea selatan yang nyata secara popularitas memiliki standar kesehatan dan kesiapan tenaga medis yang mumpuni, melansir laman Smh.com selasa, (24-3-2020) "dari semua negara di Asia Tenggara, Indonesia yang paling mengkhawatirkan indonesia memiliki populasi terbesar namun lemah di sisi birokrasi, penanganan yang buruk di Indonesia akan membuat negara terpapar semakin buruk" ujar dosen Griffith University Lee Morgenbesser (ahli politik asia tenggara).

Kekhawatiran itu memuncak seiring kondisi Indonesia saat ini yang hanya memiliki 321.544 tempat tidur rumah sakit. Itu artinya sekitar 12 tempat tidur per 10.000 orang. Sementara Korea Selatan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), memiliki 115 per 10.000 orang.

Pada 2017, WHO menemukan Indonesia memiliki empat dokter per 10.000 orang. Italia memiliki 10 kali lebih banyak, berdasarkan per kapita. Korea Selatan memiliki dokter enam kali lebih banyak.

Menakar kemampuan dan fasilitas medis nasional,  dan sosial budaya kerja masyarakat yang mayoritas pekerja harian maka pilihan lockdown atau karantina kewilayahan adalah pilihan terakhir,  pemerintah pusat dalam hal ini presiden memilih social distancing atau menjaga jarak sosial mengikuti himbauan WHO,  

Covid-19 menjadi pandemi yang membuat ummat manusia bergerak di luar alami, nuansa literasi covid-19 tumbuh dan menyentuh semua rutinitas keilmuan, eksis dengan upaya yang beragam,  namun satu tujuan bahwa kita harus literat terhadap Covid-19 ini.

Penulis: Sirajuddin
Editor: Afidatul Asmar

Tidak ada komentar