Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Sinergi dosen dan Perpustakaan melalui workshop repository yang berorientasi Open Access (OA)

Dari gedung lantai tiga perpustakaan IAIN Parepare kegiatan workshop online kali ini terselenggara tepatnya, senin, 9/11/20. Kegiatan yang b...




Dari gedung lantai tiga perpustakaan IAIN Parepare kegiatan workshop online kali ini terselenggara tepatnya, senin, 9/11/20.


Kegiatan yang bertajuk "Workshop online: Pengembangan Research Repository" Sebutan Rektor, Dr. Ahmad S. Rustam, M.Si. yang diwakili oleh Kepala Perpustakaan, Dr. Usman, M.Ag. berharap Institusi Repository (IR) ini dapat dijadikan sebagai sarana menyimpan karya dosen sebagai Kekayaan Intelektual Lembaga dan meningkatkan pengelolaan repository sebagai open akses lokal, nasional maupun internasional.


Lanjut kepala perpustakaan pada sambutannya mengapresiasi dukungan pimpinan lembaga pada kegiatan ini, yang dilanjutkan membuka kegiatan workshop, menyampaikan bahwa "Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan kita dalam memahami salah satu layanan elektronik yang bersifat Open Access (OA) yakni Repository Perpustakaan.


Kegiatan virtual yang diikuti tdak kurang dari 150 peserta ini menghadirkan Narasumber jebolan Queensland University of Technologi Brisbane Australia (2010), Faizuddin Arliyansah, MIM. didampingi Sirajuddin, S.IPI.,M.Pd., (moderator) mengetengahkan pentingnya mengopen akses (OA) repository sebagai salah satu saluran komunikasi ilmiah Scholarly Communication dan menghindari Serial Crisis yang mencakup mahalnya biaya mengakses journal berbayar. (materi dapat diakses melalui Chanel YouTube Perpustakaan IAIN Parepare).


Pada kegiatan yang diikuti oleh unsur Dosen IAIN Parepare, para Pustakawan dan Pegawai dalam lingkup UPT. Perpustakaan dan peserta dari luar IAIN Parepare ini, Usman juga menggambarkan. "Repository Perpustakaan dapat di andaikan sebagai Market (pasar) hasil karya baik mahasiswa maupun dosen dalam bentuk digital yang dapat diakses secara online, dan ini sangat urgen untuk disosialisasikan kepada para bapak dan ibu Dosen".


Kondisi rill repository saat ini, lanjut kepala perpustakaan menggambarkan data terbaru. Artikel Jurnal : 72 karya, Buku Digital : 91, Book section : 25 karya, Hasil Penelitian : 12, Konference : 20, Seminar dan worshop : 4, Skripsi dan Tesis : 1276 Video : 2, Audio : 1, dan Karya lainnya : 77.


Statistik sejak Agustus 2018: 99 persen Fultexs, jumlah item 1.657 karya, Jumlah unduhan 66.755, Jumlah unduhan pada masa pandemi 5.486 April 2020 dan mencapai puncak pada oktober bulan lalu sebanyak 6.205 karya yang diunggah.


Dari data yang diakses pada 8/11/2020 dibandingkan dengan rasio dosen dan alumni, hasil karya yg terpublikasi akan terus ditingkatkan.


Di akhir sesi narasumber memberika Closing statement "kegiatan publikasi Open Acces ini diibaratkan melaksanakan tugas kenabian sebagai penyampai risalah kepada ummat yang terealisasi melalui pengembangan Institution Repository (IR).


Dilanjut kepala perpustakaan. "Dimasa depan Manusia akan dikenang bila berkarya dan mampu pempublikasikan karyanya dengan berkolaborasi bersama Artificial Intelegent (AI) yg berteknogi modern, diantaranya pada Repository." sekaligus menutup kegiatan Workshop Repository.






Berita ini juga tayang di web kampus IAIN PAREPARE edisi 11 Nopember 2020 dengan judul "Sinergi publikasi melalui repository, tingkatkan kekayaan intelektual lembaga"

Tidak ada komentar